Motion Tween
Konsep Dasar
Flash (Adobe Flash atau Macromedia Flash) memiliki kemampuan/fitur yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah animasi sederhana. Dalam Flash kita bisa membedakan jenis animasi berdasarkan tekniknya menjadi 3, yaitu :
- Animasi Frame by Frame yaitu animasi dengan menggunakan beberapa gambar yang berurutan (sequence), sebagai contoh animasi klasik menggunakan teknik ini. Frame by Frame animation digunakan untuk menampilkan animasi yang mengalami perubahan bentuk seperti animasi karakter melakukan gerak tubuh, animasi perubahan bentuk secara dinamis seperti efek gerakan air, api, ledakan dan sebagainya.
- Animasi Motion Tween yaitu animasi dengan menggunakan dua buah keyframe dengan menggerakkan 1 objek dari titik satu ke titik lain, tanpa mengalami perubahan bentuk. Misal kita ingin menganimasikan mobil bergerak dari kiri ke kanan layar.
- Animasi Motion Guide yaitu animasi motion tween yang menggunakan lintasan (guide) sehingga perubahan gerak dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan lintasan yang diinginkan. Misal kita ingin membuat animasi daun yang jatuh dari pohon dan tertiup angin, animasi mobil berjalan disebuah bukit yang tidak rata dan sebagainya
Dengan menggunakan beberapa jenis animasi tersebut, kita dapat memanfaatkan software Flash untuk mengerjakan animasi 2 dimensi untuk film, game, web dan multimedia. Pada tutorial ini akan dibahas tentang teknik animasi dengan menggunakan Flash mulai dengan animasi motion tween.
Animasi Motion Tween
Sebelum membuat animasi motion tween dengan Flash, pastikan terlebih dahulu anda mengenal tentang software Adobe Flash, Fitur-fitur yang dimiliki, dan istilah-istilah terkait seperti keyframe, blank keyframe, frame, timeline, symbol, library, properties, frame rate, drawing tool dsb. Pada tutorial ini akan dijelaskan cara membuat animasi bola yang bergerak dari kiri ke kanan, sebagai berikut:
-
Buatlah sebuah project baru dengan memilih menu File > New Pilih opsi Action Script 3
-
Selanjutnya buka panel properties (biasanya terdapat di bawah (CS3) dan di samping kanan (CS 4+), Kemudian pastikan kolong Frame rate terisi dengan 30. 30 adalah standart frame rate untuk animasi 2D dan 45 - 60 untuk animasi 3D.
-
Dengan menggunakan Oval Tool buatlah sebuah lingkaran, dengan cara drag and release pada Stage. Perlu diketahui bahwa Flash adalah program berbasis vector. Setiap objek gambar memiliki 2 penyusun yaitu outline/stroke (garis tepi) dan fill (isian). Anda dapat merubah warna, ukuran dan posisi objek gambar dengan menggunakan panel properties.
-
Selanjutnya seleksi linkaran yang anda buat (stroke dan fill nya), kemudian pilih menu Modify > Convert to Symbol atau menekan tombol F8. Kemudian anda ketikan bola pada kolom Name dan pilih Movieclip pada opsi Type. Lihat gambar!
-
Selanjutnya seleksi lingkaran yang anda buat (stroke dan fill nya), kemudian pilih menu Modify > Convert to Symbol atau menekan tombol F8. Kemudian anda ketikan bola pada kolom Name dan pilih Movieclip pada opsi Type. Lihat gambar!
-
Klik kanan Frame 60 pada timeline kemudian pilih Insert Keyframe. Keyframe adalah sebuah frame khusus yang digunakan sebagai titik penentu gerakan animasi. Pemilihan frame ke 60 dimaksudkan untuk membuat animasi sepanjang 2 detik (30 fps = 1 detik menggunakan timeline sepanjang 30 frame).
-
Selanjutnya geser posisi bola yang berada di Frame 60 seperti di gambar. Jadi di frame 1 bola berada di posisi sebelah kiri stage dan di frame 2 berada di kanan.
-
Klik kanan Frame 25 pada timeline kemudian pilih Create Motion Tween untuk CS3 ke bawah atau Create Classic Tween untuk CS4 ke atas. Maka timeline akan berubah menjadiberwarna biru dan bergaris. Frame 25 adalah frame diantara 2 keyframe (frame 1 dan frame 60). Anda bebas memilih frame berapapun selama itu berada diantara 2 keyframe yang akan diberikan animasi tween.
-
Simpan project, kemudian jalankan animasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter Maka akan terbentuk sebuah file animasi bertipe SWF dimana bola bergerak dari kiri ke kanan selama 2 detik dan looping secara terus menerus.
Output
Prinsip Animasi Tween dalam Flash
- Objek harus di convert menjadi symbol jika tidak flash secara otomatis akan mengkonvert objek dengan nama otomatis, yang akan mempersulit kita ketika sudah memiliki banyak objek untuk dianimasikan.
- Satu keyframe khusus untuk satu symbol dalam animasi tween, 1 keyframe hanya boleh ditempati 1 buah symbol. Apabila terdapat 2 objek atau lebih maka garis putus-putus pada timeline akan muncul dan animasi tween tidak akan terbentuk sempurna. Gunakan beberapa layer untuk menganimasikan beberapa objek sekaligus
- Minimal harus memiliki 2 keyframe animasi motion-tween selalu membutuhkan keyframe awal dan keyframe akhir.
File Sumber
download
Share ( Ayo Berbagi )
Leave me a comment
untuk pertanyaan lebih baik di email langsung ke wandah [at] wandah [dot] com agar cepat direspon